Demoplot, Pengembangan Inovasi untuk Meningkatkan Pendapatan Petani

- Kamis, 1 Desember 2022 | 15:27 WIB
Panen Raya Demoplot bersama PT. Wilmar Padi Indonesia dan Petani Lampung Selatan  (Istimewa)
Panen Raya Demoplot bersama PT. Wilmar Padi Indonesia dan Petani Lampung Selatan (Istimewa)

LAMPUNG EKSPOSE - Petani di Provinsi Lampung diberikan pemahaman terkait manfaat besar Demonstrasi Plot (Demoplot). Tujuannya, produktivitas meningkat dan sekaligus meningkatkan pendapatan petani melalui riset dan pengembangan inovasi.

Sama-sama kita ketahui, sektor pertanian di Provinsi Lampung memegang peranan strategis karena merupakan sebagai tumpuan hidup sebagian besar penduduk Lampung, dimana hampir dari penduduk Lampung bekerja di sektor ini.

Di Kabupaten Lampung Selatan misalnya, sektor pertanian masih memegang peranan yang sangat penting. Salah satu sub sektor pertanian yang tidak kalah pentingnya dalam pemenuhan kebutuhan dan peningkatan pendapatan masyarakat luas, yaitu sub sektor tanaman pangan, khususnya Tanaman Padi.

Baca Juga: KPKAD : Calon Rektor Unila Tidak Terkait Kasus AOM

Dimana menurut data KATAM Litbang Pertanian luas lahan padi yang berada di Kabupaten Lampung Selatan mencapai 35.218 ha, dengan produksi panen mencapai 579.534 ton dengan produktivitas panen 54.64 KU/ha.

Sebagai salah satu sarana pembangunan ekonomi, maka pembangunan sektor pertanian harus dapat ditingkatkan lagi, terutama dalam upaya meningkatkan produksi dari tiap cabang usaha tani dan juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani di Lampung Selatan.

Perhatian dari pihak swasta yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah kepada kemajuan petani juga menjadi salah satu faktor suksesnya pertanian di Lampung.

Baca Juga: Hasil Seleksi Lelang Jabatan Pemprov Lampung, Peserta di Tiga Instansi Lanjut Tes Esai dan Wawancara

Seperti yang dilakukan PT Wilmar Padi Indonesia saat ini melakukan kegiatan 12 Demoplot dengan luasan lahan 18 ha tersebar di wilayah Lampung Selatan dan Lampung Timur, dimana dalam 1 wilayah demoplot lahan yang digunakan memiliki luasan lahan 1,5 ha dan demoplot yang berada di wilayah Lampung Selatan tersebar di wilayah :
Rawa Selapan, Candipuro,
Kuala Sekampung serta Bakti rasa di Kec Sragi, dan
Palas jaya, Pulau Tengah, bandan Hurip serta Pematang Baru di Kecamatan Palas. 

Halaman:

Editor: Riedho Pratama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Surga Tersembunyi di Lampung, Cocok Untuk Healing

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:41 WIB

Pj Bupati Tubaba Arahkan Pejabat Ikut Bina Tiyuh

Minggu, 29 Januari 2023 | 10:03 WIB

PAD Dispora Lampung Tahun 2022 Tembus Rp500 Juta

Senin, 16 Januari 2023 | 18:08 WIB

LKS Alamanda Salurkan Bantuan Tongkat ke Warga

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:55 WIB
X